-->

Saturday, April 9, 2016

Pesona Air Terjun Lembah Pelangi

Pesona Air Terjun Lembah Pelangi  


Lampung tidak hanya punya pantai rupawan, namun jua air terjun yg sejuk. Air terjun Lembah Pelangi jadi destinasi teranyar yang harus dikunjungi pada Lampung.

Air Terjun Lembah Pelangi, artinya kawasan wisata baru di Lampung. Sejak pertengahan tahun kemudian, air terjun ini mulai dikenal poly sang anak belia di Lampung. Pada sebagian kalangan anak belia Lampung tidak asing lagi Bila tampil kekinian pada air terjun ini.

Ya sampai sampailah ke pendengaran saya, bahwa terdapat air terjun yang cantik serta unik yang berada di Ulu Belu, Kabupaten Tanggamus. Aku pun mencari info pada media sosial, ternyata memang terpampang pemandangan yang latif. Air terjun yang tinggi serta membentuk aku tergugah buat segera berkunjung ke air terjun tersebut. 

Setelah sampai pada air terjun ini, rasa takjub aku benar-benar fenomena, pada foto-foto sebelumnya yang saya lihat ternyata terbukti memang nyata, bahwa air terjun ini begitu indah dan embun asal air terjun terasa begitu sejuk. 

Di waktu aku pertama menyaksikan air terjun ini, langsung mengiangatkan aku air terjun yg terdapat pada kaki gunung Lawu, air terjun grojokan sewu, air ini mirip sekali dengan bentuk air terjun pada daerah Jawa Tengah itu. 

Air terjun ini selain tinggi ternyata mempunyai keunikan pertama air terjun ini terdiri tiga air terjun, air terjun utamanya terletak pada permukaan, yg aku bilang seperti Air Terjun Grojogan Sewu di Jawa Tengah dan 2 air terjun lagi ialah adalah peredaran berasal air terjun primer yg terbagi menjadi dua aliran air terjun. 

Keunikan yg kedua ialah di air terjun yg bawah diklaim air terjun panas, karena mempunyai lokasi air panas sehingga kita mampu menikmati mandi air panas tanpa terdapat bau belerang, pada air terjun bawah ini ada dua lokasi air hangat yang timbul asal pulang bebatuan di air terjun tadi.

Berdasarkan isu yg aku dapatkan asal pihak pengelola air terjun tersebut, menjadi keunikan ketiga Bila pada ketika matahari terik kita bisa menyaksikan pelangi yang terbentuk berasal percikan embun pada air terjun tersebut. Sang karena itu, air terjun ini diklaim Air Terjun Lembah Pelangi. Sayang, di waktu aku ke sana pada keadaan mendung jadi tidak menyaksikan ada pelangi di air terjun tadi.

Buat mencapai air terjun tersebut melalui rute yaitu asal kota Bandar Lampung menuju arah ke kabupaten Tanggamus, akan melewati kabupaten Pesawaran, Pringsewu kemudian ke kabupaten Tanggamus. Selesainya pada Kabupaten Tanggamus hingga di kota kabupatennya yaitu Kota Agung, tetapi relatif sampai di Kecamatan Talang Padang.


Pada sini, traveler tinggal mencari rute jalan ke Bendungan PLTA Batutegi. Sesudah masuk arah jalan tadi hingga menemukan pertigaan antara ke arah Batutegi serta Ulu Belu, ambil arah ke Ulu Belu, selanjutnya terus ikuti jalan primer lebih kurang 1 jam, syarat jalan menanjak serta berliku sebab kita harus menaiki gunung.

Selanjutnya jalan terus melewati danau Hijau dan akan terlihat jua PLTU Ulu Belu, kemudian terus jalan ke arah Desa senang damai atau arah Desa Ngarip. Sesudah di desa tadi tinggal tanya ke warga arah jalan Air Terjun Lembah Pelangi yang indah ini.


Dan Semoga petualangan Anda ke air terjun ini bisa mengobati kelelahan  sebab keindahan dan kesegaran air terjun tersebut.